Thursday, June 13, 2013

Sistem Ilmu Pengetahuan Baduy

¨1. Yosef boris
2. Muhammad fiqih zidni
3. Luther hasudungan
4. wilma galuh
5. reninditha M
6. putri yunita
¨Sistem Ilmu Pengetahuan dan Flora & Fauna
¨fauna
¨Dari segi fauna, di desa baduy masih seperti di jakarta seperti anjing, ayam, kucing, dan lain – lain. Tapi di desa baduy ada juga hewan buas ya seperti ular dan harimau
¨Ular di pelihara untuk penangkap tikus di ladang. Waktu dulu harimau itu ada tetapi sekarang sudah tidak ada.
¨
¨
¨Flora
¨Dari segi flora, di daerah baduy banyak sekali tanaman yang tumbuh di daerah itu. Contohnya kacang, padi, timun, pisang
¨
¨Sistem ilmu pengetahuan
¨Di kampung baduy anak kecil nya tidak di sekolah kan. Mereka membantu orang tua ya berladang dan lain – lain.
¨Mereka belajar sendiri untuk mencoba. Contohnya memakai handphone. Karena memang adat istiadat di baduy tidak boleh sekolah
¨
¨
¨
¨Mereka di sana sangat memegang teguh baik peraturan yang diamanatkan dari leluhurnya. Jadi mereka itu sangat melestarikan budaya nya.
¨
¨Wanita di kampung di baduy di jodohkan oleh orang tua nya. Dan disana di larang untuk bersentuhan.
¨Disana anak perempuan yang berumur 2 tahun atau 3 tahun rambut mereka sudah di pangkas. Kalau yang laki – laki di sunat
¨
¨
¨Selain itu di baduy tidak ada sekolah untuk menimba ilmu, mereka belajar ada yang otodidak, maupun di ajar kan oleh orang tua mereka
¨
¨Di suku baduy itu sendiri mereka menggunakan alamnya untuk MCK (Mandi,Cuci dan Kakus) mereka. Dan di rumah mereka tidak ada namanya kamar mandi mereka juga masih menggunakan kayu bayar untuk memasak makanan, dan minum mereka.
¨
¨Mereka (warga baduy) membikin suatu anyaman tangan masih menggunakan alat-alat tradisional
¨
¨Yang kami liat yang ada di baduy jalan mau satu kampung ke kampung lain mereka harus berjalan kaki dan naik-turun bukit sebab di sana jalan masih menggunakan tanah merah dan batu kali dan tidak beraspal, dan mereka kalo menyebrang ke kampung seberang mereka harus melewati jembatan bambu yang seharus tidak layak pakai buat penyebrangan.

¨

No comments:

Post a Comment